Mulai menulis, berarti mulai berbagi Cerita. Sekali Pena ditancap, tinta bercerita. Oleh karena itu, maka tuangkan, tumpahkan, dan biarkan meluap. Cerita ini ceritamu, bukan cerita Tetangga. Mari Bercerita!!!

Sunday 29 March 2015

Apa Pengertian Keterampilan Menulis itu?

Banyak sobat yang sudah tau Apa itu menulis kan? Tapi saya yakin, dari sekian banyak sobat yang paham apa itu menulis belum tentu paham tentang apa itu pengertian dari ketrampilan menulis kan? Mungkin terlebih dahulu kita harus mengetahui Pengertian keterampilan menulis menurut para ahli. Untuk itu, jangan berbelit-belit lagi. Mari kita lihat dalam pembahasan dibawah ini.
Keterampilan menulis merupakan salah satu jenis keterampilan berbahasa yang wajib dikuasai  oleh setiap generasi muda. Mengapa demikian? Karena akan sangat penting bagi kita sebagai generasi muda Indonesia yang dalam posisi saat ini menyambet gelar terpuruk dalam kualitas pendidikan sesuai dengan hasil survei UNESCO (2011). Mari langsung ke TKP. Disini kita akan membahas tentang Pengertian keterampilan menulis menurut para ahli

  • Keterampilan menulis menurut pendapat Saleh Abbas (2006:125), adalah kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain dengan melalui bahasa tulis.  
  • Menurut Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi (1999: 159), keterampilan menulis merupakan suatu keterampilan menuangkan pikiran, gagasan, pendapat tentang sesuatu, tanggapan terhadap suatu pernyataan keinginan, atau pengungkapan perasaan dengan menggunakan bahas tulis. 
  • Menurut Henry Guntur Tarigan (2008: 3), keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang produktif dan ekspresif yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung dan tidak secara tatap muka dengan pihak lain.  
  • Byrne (Haryadi dan Zamzani, 1996: 77), berpendapat; keterampilan menulis karangan atau mengarang adalah menuangkan buah pikiran ke dalam bahasa tulis melalui kalimat yang dirangkai secara utuh dan jelas sehingga dapat dikomunikasikan kepada pembaca dengan berhasil. 
  • Burhan Nurgiyantoro (2001: 273), menulis adalah aktivitas mengungkapkan gagasan melalui media bahasa. Menulis merupakan kegiatan produktif dan ekspresif sehingga penulis harus memiliki kemampuan dalam menggunakan kosakata, tata tulis,dan struktur bahasa. 
  • Atar Semi (1993: 47), mengartikan keterampilan menulis sebagai tindakan memindahkan pikiran dan perasaan ke dalam bahasa tulis dengan menggunakan lambang-lambang. 
  • Sependapat dengan pendapat Atar Semi, Harris (Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi, 1999: 276); Ia mengatakan; keterampilan menulis diartikan sebagai kemampuan menggunakan bahasa untuk menyatakan ide, pikiran atau perasaan kepada orang lain dengan menggunaan bahasa tulis. Menulis merupakan aktivitas pengekpresian ide, gagasan, pikiran atau perasaan ke dalam lambang-lambang kebahasaan. 
  • Sedangkan menurut Suparno dan Mohammad Yunus (2008: 1.3);, menulis merupakan kegiatan menyampaikan pesan (komunikasi) dengan mengunakan bahasa tulis sebagai media atau alatnya. Dalam komunikasi tulis setidaknya terdapat empat unsur yang terlibat yaitu;
    1. Penulis sebagai penyampai pesan,
    2. Isi tulisan atau pesan,
    3. Aluran atau medianya berupa tulisan, dan
    4. Pembaca sebagai penerima pesan. 
  • Menurut The Liang Gie (2002:3 ), keterampilan menulis adalah keterampilan dalam pembuatan huruf, angka, nama, suatu tanda bahasa apapun dengan suatu alat tulis pada suatu halaman tertentu. Sedangkan mengarang adalah segenap rangkaian kegiatan seseorang dalam mengungkapkan gagasan dan menyampaikannya melalui bahasa tulis kepada masyarakat pembaca untuk dipahami.
Kemampuan menyampaikan pendapat dan mengekspresikan perasaan kita pada orang lain juga harus tepat. Mengapa? Karena banyak dari kita yang sering meluapkan dan mencurahkan ekspresi perasaan ataupun memberi gagasannya melalui tulisan, namun ketepatan pengungkapannya belum didukung dengan ketepatan bahasa yang digunakan, kosakata dan gramatikal dan penggunaan ejaan. Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat dikemukakan bahwa keterampilan menulis adalah keterampilan menuangkan ide, gagasan, perasaan dalam bentuk bahasa yang dituliskan sehingga orang yang membaca tulisan tersebut dapat memahami apa yang kita tuangkan dalam tulisan tersebut.
Semoga Bermanfaat Bagi pengunjung!
Mari Berbagi Ilmu...
Comments
0 Comments
Facebook Comments by MELYUSTI S.K